4 Daftar Tempat Wisata di Papua Barat yang Menarik

4 Daftar Tempat Wisata di Papua Barat yang Menarik

Papua Barat

Sebagai propinsi yang terletak di sebelah barat pulau Papua, Papua Barat memiliki banyak tempat wisata alam dan kebiasaan yang menarik. Pantai, danau, pegunungan dan cagar alam ialah pemandangan yang dapat kita dapati di Papua Barat. Papua Barat pun tempat yang memiliki banyak pantai yang pun menjadi di antara dari pantai terindah di Indonesia, yang sayang bila tidak dikunjungi.

 

1. Air Terjun Kiti Kiti.

Kita dapat menikmati dua objek sekaligus, yakni air terjun dan pun lautsebab situs air terjun ini mengalir langsung ke laut lepas. Pada ketika surut, saya dan anda bisa menikmati pantai yang terbentuk. Jangan tak sempat untuk membawa persiapan guna liburan ke pantai. Saat pasang,anda masih dapat menikmati air terjun yang estetis dan merasakan air berwarna kebiruan yang jernih.

Tempat Wisata di Papua Barat

Tempat Wisata di Papua Barat

Banyak kegiatan yang dapat kita kerjakan di wilayah ini, salah satunyaialah memancing, berenang dan snorkeling. Di samping itu, anda jugadapat melakukan pekerjaan berkemah di pulau tidak berpenghuni di sekitarwilayah air terjun ini. Tempat yang sempurna guna kita yang menyenangi tempat wisata yang sesuai untuk backpacker ini sayangnya masih tergolongsusah untuk dijangkau, oleh karena tersebut akses mengarah ke tempat ini masih terbatas. Salah satunya ialah dengan menaiki speed boat dari Pelabuhan Fakfak yang memakan waktu selama 4 jam perjalanan. Meskipun begitu, pemandangannya sesuai dengan masa-masa yang anda butuhkan untukmenjangkau air terjun ini.

2. Pegunungan Arfak

Menurut situs agen resmi sbobet aman dan terpercaya 2019 Pegunungan Arfak merupakan titik tertinggi di Papua Barat, dengan tinggi menjangkau 2.940 meter di atas permukaan laut (dpl). Dari puncak pegunungan Arfak, saya dan anda bisa melihat pemandangan kota Manokwari, dan terkadang pada masa-masa musim dingin, puncak pegunungan dapat tertutup salju. Meskipun kitadapat ditemani oleh pembimbing atau guide, namun ada baiknya anda tidak melupakan pantangan ketika naik gunung.

Di pegunungan ini pun ada dua telaga kembar. Menurut kisah penduduk setempat, kedua telaga ini terbentuk dari cerita cinta dua orang, yang mengabadikan diri mereka menjadi dua danau. Di masing-masing telaga juga konon ada naga berjenis kelamin jantan dan betina. Oleh sebab itu, menurut kisah mengenai adanya dua ekor naga tersebut, warga setempat percaya kalau telaga kembar ini pun mempunyai jenis kelamin jantan dan betina. Penduduk setempat menamai telaga jantan dengan nama Anggi Ginji dan yang betina sebagai Anggi Gita

3. Pantai Patawana

Pantai yang mempunyai pasir putih ini tidak terlampau jauh dari pusat kota. Berjarak 30 kilometer dari pusat kota, dan bisa ditempuh sekitar satu jam dengan memakai kendaraan bermotor. Ekosistem pantai yang masihpaling terjaga, diperbanyak dengan satwa di dekat pantai yang dapat berkeliaran dengan bebas, hamparan pasir putih kemerahan, air biru bening dan sederetan pohon kelapa adalah pesona utama dari pantai Patawana. Banyak pekerjaan yang dapat dilakukan, salah satunya snorkeling, diving, dan pun surfing. Bagi surfing dan merasakan ombak, kita dapat datang ke pantai ini dari bulan Agustus hingga September.

4. Fakfak

Merupakan kota yang terletak di wilayah Papua Barat, dan guna mencapainya kita dapat menggunakan pesawat terbang yang terbang langsungmengarah ke bandar udara Fakfak. Kota Fakfak mempunyai masjid yang di bina 200 tahun yang lalu, dan pun situs purbakala tebing yang terletak di wilayah Kokas.

Bagi semua wisatawan yang menyenangi makanan daerah, tidak terdapat salahnya mengupayakan makanan khas di wilayah ini. Salah satu makanan khas wilayah Fakfak ialah manisan pala, yang baik guna tubuh. Di samping itu, terdapat pula martabak sagu yang tercipta dari sagu yang dihaluskan, digoreng dan diberi gula merah.

Terdapat banyak tempat wisata di Fakfak Papua Barat. Beberapa di antaranya ialah gua Kokas, Taman Nasional Lorentz, Air Terjun Kiti Kiti, dan Pantai Patawana.

Itulah 4 lokasi wisata di Papua dan Papua Barat. Keindahan alam dan keberagaman kebiasaan yang dapat kita nikmati di Papua memang tiada duanya. Meskipun memiliki keunggulan dalam pemandangan dan keindahan,namun tentunya laksana tempat wisata lainnya, lokasi wisata di Papua pun mempunyai kekurangannya. Yang penting ialah kita untuk tidak jarang kali menjaga kesucian dan keindahan alam.

COMMENTS