5 Daftar Hutan Pinus di Malang Untuk Berwisata Alam

5 Daftar Hutan Pinus di Malang Untuk Berwisata Alam

1. Coban Talun

Coban Talun ialah nama dari suatu air terjun dan adalah salah satu Wisata Air Terjun Di Malang dan sekitarnya. Lokasi Coban Talun sedang di Kota Wisata Batu. Kawasan Coban Talun mempunyai area hutan pinus yangpaling luas. Hutan pinus di Coban Talun pun dimanfaatkan penduduk sekitar untuk dipungut getahnya.

Dulu Coban Talun melulu adalah objek wisata air terjun biasa. Namunketika inj area ini telah mulai dikembangkan sebagai objek wisata yang lebih menyeluruh fasilitasnya. Bahkan ketika ini wisatawan juga dapat menginap di Coban Talun.

Hutan Pinus di Malang

Hutan Pinus di Malang

Air terjun ini dapat dicapai dengan mengerjakan trekking atau jalan kaki menyusuri hutan pinus dan jalanan setapak. Air terjun tersebut langsung mengalir ke sungai yang mempunyai air sejuk. Coban Talun dapat dicapai dengan harga tiket masuk yang paling murah dan lumayan dekat dari pusat kota Batu.

  • Lokasi: Dusun Wonoreko, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Wisata Batu
  • HTM: Rp 7.500

2. Taman Pinus Bendosari Pujon

Dilansir situs daftar agen resmi sbobet terbaik 2019 hutan pinus di Malang berikutnya ialah Taman Pinus Bendosari Pujon. Lokasinya terdapat di Kabupaten Malang, lebih tepatnya di Pujon dan masih berada di area wisata Coban Rondo.

Lokasi ini sesuai untuk dijadikan lokasi untuk mencungkil penat sejenak. Hutan pinus di sana terbentang hingga sejumlah hektar. Wisatawandapat berfoto sepuasnya sambil merasakan suasana sejuk yang ada.

Di samping itu, ada pun spot-spot permainan outbond guna memacu adrenalin. Ada flying foks, jembatan V, dan pun mini trail. Ada pun hammock guna wisatawan yang hendak bergelantungan di taman pinus ini. Walau tergolong baru, nyatanya wisatawan telah cukup tidak sedikit yang datang ke sana.

  • Lokasi: Dusun Cukal, Desa Bendosari Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang
  • HTM: Rp 5.000

3. Budug Asu

Selain sejumlah spot hutan pinus yang diterangkan di atas, terdapat lagi hutan pinus lainnya di Malang dan sekitarnya, yakni Budug Asu. Lokasinya terdapat di lereng Gunung Arjuno, sampai-sampai pemandangan yang ada tentu sangat indah.

Budug Asu sebenarnya ialah puncak bukit dari di antara jajaran bukit di Gunung Arjuno. Ketinggiannya menjangkau 2.000 meter di atas permukaan laut, sampai-sampai wisatawan butuh trekking terlebih dahulu. Atauandai mau, wisatawan dapat naik motor di jalanan setapak yang aksesnya masih susah.

Dalam perjalanan mengarah ke puncaknya, hutan pinus di kanan kiri akanmenyerahkan panorama yang paling alami. Di samping itu, di puncak Budug Asu tersebut sendiri bakal ada pemandangan hijau dari di antara Sabana di Indonesia yang unik untuk diabadikan.

  • Lokasi: Lereng Gunung Arjuno
  • HTM: Rp 5.000 dengan ongkos parkir Rp 3.000. Bagi wisatawan dengan motor cross, tiket Rp 10.000. Bagi wisatawan dengan jeep, tiket Rp 25.000

4. Candi Sumberawan

Candi Sumberawan ialah salah satu candi di Kabupaten Malang yang dapat diakses oleh wisatawan. Candi ini memang tidak terlampau besar dan megah,tetapi mempunyai mata air yang paling jernih.

Candi ini sedang di bawah naungan hutan pinus. Untuk mengarah ke ke Candi, wisatawan mesti menyisir tepi sawah dan ladang selama 500 meter dari jalan utama. Setelah tersebut barulah dapat didapati candi simpel di bawah naungan hutan pinus.

Walau telah lama ditemukan, candi ini tidak lumayan ramai oleh wisatawan. Namun, baru-baru ini tempat hutan pinus di sana telah dikembangkan lebih lanjut dengan eksistensi taman hammock yang lebih menarik untuk para wisatawan.

  • Lokasi: Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang
  • HTM: Rp 5.000 dengan ongkos perkir Rp 2.000

5. Goa Pinus

Goa Pinus berada di sekitar objek wisata Paralayang Gunung Banyak, kota Wisata Batu dan adalah salah satu Tempat Wisata di Batu yang baru dibuka. Goa Pinus ini sendiri adalah hutan pinus yang tidak terlampau luas,tetapi mulai dikembangkan menjadi suatu objek wisata baru.

Mengapa dinamakan Goa Pinus? Karena di sana ada suatu mulut goa di bawah hutan pinus. Walau mulut goa tersebut kecil, namun informasinya goatersebut mempunyai nilai sejarah ketika penjajahan Jepang di Indonesia.

Saat ini Goa Pinus terus berkembang menjadi semakin indah. Bahkan di sana ada sejumlah spot potret yang dapat membuat wisatawan kerasan berlama-lama. Ada pun rumah-rumah suku yang unik untuk diabadikan.

  • Lokasi: Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu
  • HTM: Rp 5.000

Demikianlah sejumlah daftar hutan pinus di Malang dan sekitarnya yangdapat dikunjungi ketika berwisata ke kota apel ini. Kunjungi hutan pinus yang menurut keterangan dari Anda terbaik. Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat berlibur.

COMMENTS