Apa Rekayasa Perangkat Lunak yang Terlibat?

Poin pertama yang harus dibuat tentang rekayasa perangkat lunak harus dilakukan dengan lingkup kegiatannya. Rekayasa perangkat lunak adalah manajemen seluruh proses pengembangan sistem komputer untuk memecahkan masalah.

Seiring berkembangnya sistem perangkat lunak yang lebih canggih dan kompleks, pengembang perangkat lunak mencari metode baru untuk pengembangannya. Rekayasa perangkat lunak adalah tanggapan terhadap kebutuhan itu. Rekayasa perangkat lunak masih cepat berubah dan jatuh tempo.

Biasanya, ketika seseorang diberitahu untuk menulis sebuah program, orang lain telah memberi tahu dia apa yang harus dilakukan oleh program dan mengapa; programmer hanya memperhatikan bagaimana cara menulisnya. Sebagai insinyur perangkat lunak, bagaimanapun, kita akan menjadi orang yang peduli dengan apa dan mengapa. Rekayasa perangkat lunak mencakup seluruh rentang kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan masalah – dari membantu klien menentukan masalah atau peluang, hingga mengevaluasi kepuasan klien dengan solusi.

Mengembangkan sistem perangkat lunak mungkin memerlukan penulisan seluruh kumpulan program untuk memberi tahu mesin apa yang harus dilakukan, menulis prosedur untuk memberi tahu orang-orang apa yang harus dilakukan, dan memberikan pelatihan sehingga orang-orang memahami cara melakukannya. Kita mungkin perlu mengkonversi data dari sistem lama sehingga dapat dijalankan oleh sistem baru, mempekerjakan orang dan memperoleh mesin untuk menjalankan program, dan mendapatkan ruang di mana mesin dan orang dapat melakukan pekerjaan mereka. Apa yang kita bangun adalah sistem dari banyak bagian yang bekerja bersama. Upaya semacam itu membutuhkan kesabaran dan fleksibilitas. Kami harus memperbaiki sistem ketika tidak melakukan apa yang kami harapkan, atau klien dapat meminta kami untuk mengubah sistem karena dia menginginkannya melakukan hal lain yang sebelumnya tidak dimaksudkan.

Pemrograman mungkin tidak lebih dari 20 persen dari total ruang lingkup rekayasa perangkat lunak, dan sebagian kecil usaha yang terlibat dengan pemrograman dapat diharapkan menurun karena metode yang ditingkatkan digunakan untuk mengembangkan sistem perangkat lunak. Seiring berjalannya waktu, lebih banyak upaya kami akan mengelola keseluruhan proses dan lebih sedikit ke dalam pemrograman.

COMMENTS