General Audit Software (GAS)

General Audit Software (GAS) adalah salah satu keluarga Perangkat Lunak yang sering digunakan dalam Audit yang dibantu komputer. Ini adalah paket off-the-shelf yang dapat menyediakan sarana untuk mendapatkan akses ke dan menginterogasi data yang disimpan di media penyimpanan komputer. Ini adalah salah satu alat yang digunakan oleh Auditor TI untuk mendapatkan bukti langsung mengenai kualitas rekaman yang dihasilkan dan dipelihara oleh sistem aplikasi. Ada banyak paket GAS yang tersedia di pasar saat ini. Namun, kualitas dan keragamannya bervariasi. Anda disarankan untuk menyelidiki beberapa paket dan berbicara dengan pengguna lain sebelum membelinya.

GAS terdiri dari serangkaian rutinitas program komputer yang dapat membaca file komputer, memilih informasi yang diinginkan, melakukan kalkulasi berulang, dan mencetak laporan dalam format yang ditentukan oleh Auditor. Perangkat Lunak Audit Umum memungkinkan Auditor memiliki akses langsung ke catatan terkomputerisasi dan secara efektif menangani sejumlah besar data. Karena GAS dapat dengan cepat memindai, menguji, dan meringkas semua data dalam file komputer, banyak prosedur yang biasanya akan dilakukan atas dasar sampel dapat diperluas ke seluruh populasi. Selain itu, penggunaan GAS biasanya mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang sistem otomatis dan operasi berbasis komputer. Ini dapat membuat audit lebih menarik dan menantang dan merupakan cara terbaik untuk memperkenalkan Auditor ke proses pengumpulan bukti dan pengecekan integritas file data elektronik dalam Lingkungan TI.

Perangkat Lunak Audit Umum dapat menyelesaikan tugas audit berikut:

1. Periksa catatan untuk kualitas, kelengkapan, konsistensi, dan kebenaran (tinjau file permintaan bank untuk setoran dan penarikan yang luar biasa besar)

2. Verifikasi perhitungan dan buat perhitungan (hitung ulang bunga, COT Bank, dll. Dan verifikasi gaji gaji Bersih, Pengurangan, dll.)

3. Bandingkan data pada file terpisah (bandingkan file inventaris saat ini dan periode sebelumnya untuk item yang usang dan lambat-pindah)

4. Pilih dan cetak sampel audit (konfirmasi piutang, pengembalian uang pelanggan dalam jumlah tertentu).

5. Meringkas dan data urutan ulang (urutan ulang item persediaan berdasarkan lokasi untuk memfasilitasi pengamatan fisik).

6. Bandingkan data yang diperoleh melalui prosedur audit lain dengan catatan perusahaan (bandingkan laporan kreditur dengan file hutang).

Beberapa GAS canggih dapat mencakup berbagai fungsi audit. Mereka bahkan memungkinkan Auditor-pemula untuk melakukan pekerjaan profesional. Terlepas dari berbagai fungsi audit dan kemudahan penggunaan, GAS tingkat lanjut kini dapat mengakses, menganalisis, dan melaporkan berbagai file berbeda yang disimpan dalam platform perangkat keras dan perangkat lunak heterogen yang didistribusikan melalui salah satu fasilitas Intranet perusahaan atau lainnya. berarti, termasuk jaringan komputer global. Dua nama umum dalam fitur ini adalah ACL dan IDEA.

GAS memberikan keunggulan yang berbeda dibandingkan bahasa pemrograman konvensional yang relatif mudah dipelajari dan digunakan. Kebanyakan sistem GAS hanya membutuhkan sekitar satu minggu pelatihan, dan kemahiran dapat dicapai setelah beberapa minggu penggunaan. Selanjutnya, pengkodean spesifikasi GAS, biasanya membutuhkan sebagian kecil dari entri pengkodean yang diperlukan untuk bahasa pemrograman konvensional. Ini memungkinkan pengkodean yang lebih cepat dan mengurangi kemungkinan kesalahan.

COMMENTS